Pengertian Hosting dan Domain Beserta Contoh & Macamnya

Damas Amirul Karim - Last Updated 30 December 2017
Pengertian Hosting dan Domain Beserta Contoh & Macamnya
    Pastinya anda sudah sering mendengar istilah domain dan hosting di Internet. Namun mungkin saja anda belum paham atas penjelasan hal-hal tersebut.

    Gampangnya domain adalah alamat yang kita gunakan untuk membuka website misalnya youtube. com sedangkan hosting adalah media penyimpanan kita.

    Nah, mungkin akan lebih baik jika kita bahas satu-persatu.

    apa itu domain dan hosting

    Apa yang Dimaksud dengan Domain Name?


    Pada dasarnya domain adalah nama yang digunakan untuk mengakses sebuah website dan biasanya berakhiran .com atau .co.id atau dengan ekstensi lainnya.

    Domain sendiri merupakan nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat komputer server (web server atau email server) di internet.

    Itu artinya, nama domain tidak akan sama antara satu dengan lainnya karena domain sebagai identitas terhadap sebuah komputer server di internet.

    Domain biasanya di sewakan secara bebas dalam tempo per-tahun, namun ada juga yang memberikan layanan domain gratis dengan ekstensi tertentu.

    1. Pengertian Domain


    Dapat kita simpulkan bahwa domain adalah sebuah nama unik yang berfungsikan sebagai identifikasi untuk alamat IP di Internet. Nama domain terdiri dari Alphanumeric (Huruf dan Angka) dan juga dash (-) di antara kata.

    Contoh dari nama domain adalah google.co.id dimana google merupakan sebuah nama domain sedangkan .co.id sebagai ekstensi domain.

    2. Fungsi Nama Domain


    Domain sendiri berfungsi untuk memudahkan kita untuk menghafal alamat server, karena sebenarnya alamat server merupakan sebuah IP di Internet.

    Misalnya ketika anda membuka domain kaskus.co.id, sebenarnya anda sedang mengunjungi sebuah IP server dengan alamat 103.6.117.3

    Nah, dengan adanya domain anda tidak perlu mengafal IP Address dari sebuah website sehingga memudahkan anda dalam menghafal alamat website.

    Nantinya, anda akan menemukan istilah dns atau domain name server.

    DNS adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data di dalam jaringan Internet.

    Secara mudahnya saja, dns adalah layanan jaringan yang bertugas untuk menerjemahkan sebuah alamat IP dari host menjadi nama situs.

    3. Macam-macam domain


    Domain memiliki fungsi tertentu sesuai dengan ekstensinya.

    Ada dua fungsi utama dari domain. Pertama untuk menunjukan tipe website, dan yang kedua untuk menunjukan lokasi.

    Domain yang menunjukan tipe website:

    gov – digunakan untuk Pemerintahan
    edu – digunakan untuk Institusi pendidikan
    mil – digunakan untuk Militer
    org – digunakan untuk Organisasi / Kegiatan Nonprofit
    com – digunakan untuk Organisasi Profit / Komersial
    net – digunakan untuk Organisasi Network
    name – digunakan untuk personal / keluarga
    tv – digunakan untuk Pertelevisian
    info – digunakan untuk kepentingan Informasi
    biz – digunakan untuk Kepentingan Bisnis
    travel – digunakan untuk Pariwisata
    aero - digunakan untuk industri pesawat terbang
    arpa - digunakan untuk "address and routing parameter area"
    coop - digunakan untuk Koperasi
    int - digunakan untuk Internasional
    jobs - digunakan untuk Sumber Daya Manusia
    museum - digunakan untuk Museum
    pro - digunakan untuk profesi

    Domain khusus untuk Negara Indonesia:

    .go.id: untuk organisasi kepemerintahan di Indonesia
    .mil.id: penggunaan secara khusus oleh militer Indonesia
    .co.id: bagi perusahaan atau lembaga komersial Indonesia
    .or.id: untuk organisasi nirlaba Indonesia
    .web.id: didesignasi untuk badan informal maupun pribadi warga indonesia
    .my.id: untuk badan informal maupun pribadi warga indonesia
    .net.id: untuk organisasi / ranah umum untuk situs Internet Indonesia
    .war.net.id: diperuntukkan warnet (warung Internet)
    .sch.id: ranah khusus untuk lembaga sekolah di Indonesia
    .ac.id: untuk lembaga akademik (universitas, Akademi, Sekolah Tinggi) di Indonesia
    .desa.id: untuk situs Desa di Indonesia

    Untuk melihat TLD dari tiap Negara:

    
    https://id.wikipedia.org/wiki/Ranah_Internet_tingkat_teratas#TLD_negara
    
    

    4. Perbedaan TLD (TOP Level Domain) dan Sub Domain


    Setalah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan nama domain dan fungsinya, kemudian anda akan mengenal istilah Top Level Domain dan Sub Domain.

    Mari kita ambil sebuah contoh nama dimain raksasa milik google yaitu: google .com (sebagai TLD) dan mail. google .com (sebagai Sub Domain).

    Artinya google merupakan nama domain, kemudian .com adalah ekstensi dari domain google. Kemudian mail merupakan sebuah subdomain dari Google.

    Apa yang Dimaksud dengan Web Hosting?


    Pada dasarnya web hosting adalah sebuah media penyimpanan berkas digital di internet, baik itu berupa tulisan, gambar, video, script, dan lain-lain.

    Web hosting sendiri biasa disewakan dalam jangka waktu tertentu, misalnya disewakan per bulan, per tri wulan, per tahun, dan lain-lain.

    Namun, ada juga yang menyediakan layanan web hosting secara gratis.

    1. Pengertian Web Hosting


    Web Hosting adalah salah satu bentuk dari sebuah layanan jasa penyewaan 'tempat' di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet.

    'Tempat' juga dapat diartikan sebagai penyimpanan data berupa megabytes (MB) hingga terabytes (TB) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan.

    Pada dasarnya web hosting hanyalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta harus mampu untuk online 24 jam setiap hari tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lama.

    2. Macam-macam Web Hosting


    Ada beberapa macam web hosting, mulai dari shared hosting, virtual private server, sampai didicated server. Saya yakin anda akan sering menjumpai istilah ini.

    Shared hosting adalah salah satu layanan web hosting di mana sebuah akun hosting ditaruh dalam satu server yang sama dengan beberapa akun hosting lainnya, untuk memakai services bersama-sama.

    Karena server digunakan untuk beberapa orang, tentunya harga untuk shared hosting relatif lebih murah. Sehingga layanan shared hosting ini akan di pilih oleh pengguna yang ingin hosting murah dengan spesifikasi bagus.

    Meskipun data Anda di letakkan dalam satu server yang sama dengan pengguna lain, namun Anda tidak perlu khawatir terhadap privasi anda karena pihak hosting memiliki sistem kontrol administrasi yang relatif aman.

    Shared hosting biasanya menggunakan sistem kontrol panel berbasis web, seperti cPanel, DirectAdmin, Plesk, Interworx, H-Sphere atau panel kontrol lainnya.

    Dengan adanya sistem kontrol ini anda dapat dengan mudah untuk mengatur web anda, biasanya shared hosting menyediakan statistik hosting seperti CPU Usage, Disk Space, Monthly Bandwidth Transfer, dan lainnya.

    Karena shared hosting digunakan untuk beberapa pengguna, maka beban server juga ditanggung bersama. Ketika ada pengguna yang memiliki kunjungan ribuan orang perhari tentunya akan memakan performa dari server kita.

    VPS (Virtual Private Server) atau juga sering di sebut virtual dedicated server (VDS) adalah server virtual yang terlihat seperti server khusus tetapi sebenarnya terpasang pada sebuah komputer yang melayani lebih dari satu situs web.

    Jenis hosting ini menggunakan server virtual yang terpasang dalam sebuah komputer server. Sebuah komputer server dapat memiliki beberapa VPS lalu setiap VPS memiliki sistem operasi tersendiri. Semua sumber daya dapat disesuaikan.

    Sehingga pengguna dapat memilih sesuai kebutuhan misalnya mengatur apa sistem operasi yang digunakan dan progam apa sajakah yang akan di jalankan sesukanya, karena semua pengguna memiliki akses root masing-masing.

    Seperti halnya komputer server, setiap vps memiliki ip address, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri. Anda dapat menikmati performa dedicated server namun dengan harga yang relatif lebih murah.

    Dedicated Server adalah salah satu layanan hosting dimana kita menyewa server secara keseluruhan tanpa harus berbagi sumber daya dengan siapapun.

    Meskipun biayanya terbillang cukup mahal, namun ini sebanding dengan performanya karena disini Anda menyewa sebuah server secara khusus.

    Lalu ada lagi istilah cloud hosting, jadi yang membedakan cloud hosting dengan lainnya yaitu ketika server kita down atau rusak maka server yang lain akan menghendelnya atau backup dari server yang down.
    Tunggu, sedang memuat. . .